Pendakian Gunung Penanggungan Kembali Dibuka, Pendaki Wajib Vaksin

Pendakian Gunung Penanggungan, Kabupaten Mojokarto kembali dibuka, Selasa (21/09/2021). Pendaki wajib sertakan kartu vaksin.

Khoirul Anam Sekretaris LMDH Sumber Lestari Tamiajeng mengatakan, berdasarkan hasil kordinasi dengan perhutani hasi ini merupakan pertama kalinya pendakian Gunung Penanggungan dibuka kembali.

Sebelumnya selama diberlakukannya PPKM Darurat Jawa-Bali pendakian gunung menuju puncak Pawitra ditutup total di semua jalur.

Kata dia, dibukanya jalur pendakian Gunung Penanggungan kembali ini sebagai langkah uji coba, yang nantinya akan dievaluasi kembali.

“Pembukaan wisata sangat tergantung kondisi daerah. Jadi bisa sewaktu waktu kebijakan berubah,” ungkapnya.

Kata dia, berdasarkan surat edaran yang diterima, hari ini (21/09/2021) telah dibuka kembali untuk semua jalur pendakian menuju puncak Gunung Penanggungan dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pendaki.

Selain kuota terbatas hanya 25 persen dari jumlah normal, bagi calon pendaki harus mematuhi protokol kesehatan ketat serta menunjukkan kartu vaksin dengan menggunakan Peduli Lindungi.

“Minimal sudah vaksin satu kali,” tambahnya.

Gunung Penanggungan adalah salah satu gunung yang populer sebagai destinasi pendakian. Gunung ini terbentang di dua kabupaten di Jawa Timur. Sisi baratnya menempati Kabupaten Mojokerto, sementara sisi timur termasuk dalam Kabupaten Pasuruan.

Gunung Penanggungan juga dikenal sebagai Gunung Pawitra atau Puncak Pawitra dengan ketinggian 1.653 DPL, , gunung ini memiliki beberapa pilihan rute pendakian.(fad/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :