Amankan 75 Motor, Halaman Polres Mojokerto Jadi Bengkel Dadakan

Halaman Polresta Mojokerto seperti berubah menjadi bengkel dadakan. Puluhan pelanggar lalu lintas membongkar kendaraan dan melakukan penggantian knalpot brong.

Puluhan kendaraan ini diamankan anggota Satlantas Polresta Mojokerto dalam Operasi Patuh Smeru 2021. Dalam waktu semalam petugas berhasil mengamankan 75 penguna motor diamankan. 50% diantaranya diamankan karena tak sesuai dengan spek atau mengunakan kenalpot Brong.

Kanit Kepala Urusan pembinaan Operasi (KBO) lantas Iptu Karen mengatakan, operasi patuh semeru 2021 masih akan berlangsung seminggu kedepan. Di hari ke-7 petugas berhasil mengamankan 75 kendaraan yang terjaring sejak Sabtu (25/09/2021) malam.

Dari 75 kendaraan yang diamankan lima puluh persen merupakan kendaraan tak sesuai spek hingga mengunakan kenalpot brong.

Nantinya, puluhan knalpot brong yang berhasil disita, akan dimusnahkan saat konferensi pers Operasi Patuh Semeru 2021 oleh Kapolresta Mojokerto secara langsung.

Dia menjelaskan, dalam operasi kali ini petugas tidak akan memberikan toleransi terhadap kendaraan yang tak sesuai spek termasuk penggunaan kenalpot brong.

“Mau yang bermerk, atau tidak tetap kami tindak. Mau yang harga ratusan hingga jutaan tetap sama perlakuannya. Tidak ada pembeda, kami akan amankan,” ucap Karen.

Karen menyebut, penindakan ini tak serta merta begitu saja. Tapi juga berlandaskan undang-undang lingkungan hidup juncto undang-undang lalu lintas pasal 285 karena menimbulkan kebisingan suara.

Bahkan, pihaknya menggandeng Dishub Kota Mojokerto untuk mengukur langsung tingkat kebisingan setiap kendaraan yang dirazia.

“Total ada 75 kendaraan, dengan rincian 20 pelanggaran kelengkapan surat-surat, 55 pelanggaran tidak sesuai spek, dari jumlah itu 50% peresn diantaranya penguna knalpot brong,” terangnya.

Nantinya, puluhan knalpot brong yang berhasil disita, akan dimusnahkan saat konferensi pers Operasi Patuh Semeru 2021 oleh Kapolresta Mojokerto secara langsung. “Pemusnahan yang tidak sesuai spek akan kita rilis,” tegasnya.

Bukan hanya meminta pelanggar mengganti atribut kendaraan sesuai standar. Mulai dari knalpot racing, ban velg kecil, dan spion. Melainkan akan memanggil orang tua pelanggar untuk diberikan edukasi terkait dampak penggunaan kendaraan yang tidak sesuai spek bisa menyebabkan kecelakaan sebagai efek jera.(fad/Sam)

“Tak jarang gara-gara kenalpot bising ini juga bisa menimbulkan kericuhan,” tandasnya.

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :