Menggunung, 100 Ton Sampah Sungai Sadar Diangkut Alat Berat

Tumpukan sampah menggunung di aliran sungai sadar Desa Gebang Malang, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto dibersihkan. Sampah yang didominasi tanaman kangkung hingga sampah rumah tangga itu diprediksi mencapai 100 ton.

Proses pembersihan dilakukan oleh BPBD bekerjasama dengan DLH, PUPR, BBWS, Pemerintah Desa hingga potensi relawan. Dalam upayanya petugas menerjunkan satu alat berat dan lima truk pengangkut.

Djoko Supangkat Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto mengatakan, proses pembersihan kali ini merupakan upaya mitigasi pemerintah dalam pencegahan banjir, mengingat sebentar lagi telah memasuki musim hujan.

Dalam upaya pembersihan, dirinya menerjunkan satu unit alat berat milik dinas PUPR dan lima truk untuk mengangkat sampah-sampah yang menyumbat aliran air sungai sadar yang menumpang sejak Juli.

“Sampah-sampah ini ya dari atas, dari Kota Mojokerto kemudian pada bulan Juli lalu terbawa arus ke Gebang Malang,” ungkapnya.

Dirinya berujar perlunya kerjasama dengan Pemerintah Kota Mojokerto dalam upaya penanggulangan sampah di aliran sungai sadar.

“Penanganan yang dimaksud seperti bersih-bersih sampah peduli lingkungan, tidak hanya di hanyutkan, akhirnya ini sampai di sini masuk wilayah (Kabupaten Mojokerto,” tegasnya.

Dirinya menambahkan, aksi pembersihan sampah ini sempat diwarnai penolakan warga lantaran pembuangan sampah ini berjarak terlalu dekat dengan pemukiman. Dilain sisi, sampah-sampah ini telah mengeluarkan aroma menyengat.

“Iya, tadi ada warga yang kurang setuju karena baunya. Tapi dari pihak desa sudah berusaha mengatasi dengan memerikan semprotan dan kini telah di pindah jauh dari pemukulan,” bebernya.

Dirinya memprediksi, sampah menggunung yang tersangkut jembatan penghubung antar desa di Gebang Malang, Kecamatan Mojoanyar ini mencapai 100 ton sampah.

“Prediksi ini nanti bisa kita angkut sampai 20 truk, satu truknya diperkirakan memuat sampah 5 ton tiap sekali angkutan,” tandasnya.(fad/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :