Rumah di Mojokerto Terbakar, Uang Rp 30 Juta Untuk Bangun Rumah Hangus

Tiga unit rumah yang terbuat dari anyaman bambu di Dusun Tameng, Desa Padi Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (23/10/2021) sore terbakar. Api juga membakar satu unit motor dan uang tunai sebesar 30 juta.

Dari keterangan yang diperoleh dari pihak kepolisian, kebakaran tiga unit rumah yang maisng maiang milik Sarminah (56) Atik Rohmatin (35) dan Siti Ulfarotin Zahroh (30) itu diduga diakibatkan dari salah satu pemilik rumah lupa mematikan kompor.

“Dugaan sementara karena salah satu pemilik rumah yang terbakar ini lupa mematikan kompor,” ungkap Kapolsek Gondang IPTU Syaiful Isro, Sabtu (23/10/2021).

Kata dia, kebakaran tiga unit rumah yang terbuat dari anyaman bambu ini terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Api diketahui pertama kali oleh salah seorang anak kecil yang melintas disekitar lokasi kejadian.

” Salah seorang saksi bernama Drais ini tadi mendengar anak kecil teriak Kobong – Kobong (kebakaran-kebakaran) lalu saksi mendatangi lokasi dan melihat tiga rumah itu sudah di lalap si jago merah,” terangnya.

Menurut dia, tiga unit rumah yang terbakar memiliki ukuran hampir sama, kalau diperkirakan tiga unit rumah yang terbakar memiliki luasan kurang lebih 12×15 meter persegi. Dan rata rata rumah tersebut terbuat dari anyamab bambu.

Meski demikian, hingga kini pihaknya masih berupaya mencari kebenaran penyebab kebakaran yang menghanguskan tiga rumah milik warga Kecamatan Gondong yang rata rata seorang petani.

Bukan hanya membakar tiga unit rumah milik warga di Dusun Tameng, Desa Padi Kecamatan Gondang. Barang berharga seperti satu unit motor, dan uang tunai jutaan rupiah juga milik salah satu pemilik rumah juga turut terbakar.

“Untuk uang yang terbakar itu 30 juta, uang itu rencananya mau dibuat rumah,” tegasnya.

Sementara itu, Danpos Pemadam Kebakaraan BPBD Kabupaten Mojokerto, Sukamto menyebutkan, api berhasil dipadamkan setelah dua unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kebakaran.

“Api berhasil dipadamkan satu jam setelah dua unit pemadam kita datangkan, api benar-benar padam pada pukul 16.59 WIB,” terangnya.

Akibat kejadian tersebut diperkirakan kerugaian yang dialami olah tiga rumah yang terbakar mencapai ratusan juta.

“Kalau penafsiran perkiraan akibat kebakaran tersebut kurang lebih mencapai 150 juta,” tegasnya.

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :