Polisi Dirikan Pos Check Poin di Jalur Cangar-Pacet. Kendaraan Tak Layak Disuruh Putar Balik.

Dalam mengantisipasi tingginya angka kecelakaan di jalur maut Cangar, Pacet akibat disebabkan rem blong, Satlantas Polres Mojokerto membuat Pos Check Poin di jalur Cangar-Pacet tepatnya di kawasan Rest Area Sendi, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Pos Check Poin di jalur Cangar-Pacet bukan hanya sebagai tempat berisitirahat kendaraan sepeda motor maupun mobil yang melewati jalur Cangar-Pacet. Maleinkan juga tempat untuk mengecek kendaraan. Bahkan Polisi juga menyimpan mekanik dalam hal tersebut.

Kasatlantas Polres Mojokerto, AKP Arpan Bachri mengatakan, dalam pendirian Pos Check Poin di jalur Cangar-Pacet Satlantas Polres Mojokerto mengandeng salah satu dealer mobil di Mojokerto untuk melakukan pengecekan kondisi mesin.

Hal ini tidak lain sebagai bentuk antisipasi petugas dengan tingginya angka kecelakaan di Jalur Cangar yang rata-rata disebabkan oleh rem blong.

“Tak jarang kecelakaan disini juga mengakibatkan fatalitas orang meninggal dunia,” ungkapnya.

Maka dari itu, Pos Check Poin ini didirikan guna mengantisipasi kecelakaan akibat rem blong terutama kendaraan sepeda motor maupun mobil yang melewati jalur Cangar-Pacet yakni dari Kota Batu menuju Kabupaten Mojokerto.

“Satlantas Polres Mojokerto mendirikan
pos Check Poin di rest area Sendi (Pacet) guna menekan banyaknya angka kecelakaan lalu lintas di jalur Pacet-Cangar terutama kendaraan yang dari arah Kota Batu ke Mojokerto melalui Cangar,” ungkap, Senin (29/11/2021) saat dikonfirmasi.

Arpan mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan salah satu dealer mobil di Mojokerto untuk melakukan pengecekan kondisi mesin, ban sekaligus kelayakan kendaraan yang melewati jalur Pacet-Cangar.

Selain itu, pendirian pos Check Poin di rest area Sendi (Pacet) sebagai bentuk sosialisasi petugas dalam berkendara. Petugas juga turut membantu kendaraan yang mogok ketika melewati jalan alternatif Cangar-Pacet tersebut.

“Kegiatan pos Check Poin dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu dengan melibatkan 12 anggota Polri untuk rekayasa arus lalulintas dan empat teknisi yang berpengalaman  mengecek kondisi kendaraan,” jelasnya.

Banyak pengendara antre untuk memeriksa kendaraannya sebelum melewati tanjakan maupun turunan tajam di jalur Cangar-Pacet.

Masyarakat dapat memanfaatkan seluruh fasilitas pos Check Poin tanpa dipungut biaya alias gratis.

“Banyak pengendara merasa terbantu untuk mengetahui kondisi kendaraannya sebelum melewati jalan tanjakan maupun turunan yang dapat memicu fatalitas kecelakaan,” ucap Arpan.

Menurut dia, jika ada kendaraan yang kedapatan tidak layak maka akan diminta putar balik melewati jalur aman, untuk keselamatan pengguna jalan dan mengantisipasi potensi fatalitas kecelakaan akibat rem blong.

“Kendaraan yang tidak layak kita servis dan perbaiki di tempat namun yang sudah tidak bisa diperbaiki akan di putar balik melalui rute yang lebih aman,” pungkasnya(fad/Sam)

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :