Serang Warga, Saran Tawon Vespa Dievakuasi Damkar Mojokerto.

Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Mojokerto kembali mengevakuasi sarang tawon vespa yang bersarang di area perkampungan di Dusun Kangkungan, Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar pada Minggu malam (20/02/2022). Sarang tawon tersebut disebu memiliki ukuran hingga dua kali lipat kepala orang dewasa.

Berdasarkan keterangan dari petugas Damkar yang melakukan proses evakuasi, diameternya sarang tawon Vespa tersebut diperkirakan memiliki ukuran 50 sentimeter lebih. Sarang tersebut menempel bergantung di sebuah pohon mangga dengan ketinggian tiga sampai empat meter.

Joko Supangkat Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Mojokarto mengatakan, evakuasi sarang tawon vespa dilakukan setelah petugas mendapatkan laporan dan permintaan dari Polsek Mojoanyar terkait adanya sarang tawon vespa yang meresahkandi Dusun Kangkungan, Desa Lengkong.

” Berdasarkan keterangan warga bukan satu dua orang yang sudah menjadi korban, tapi sudah banyak yang menjadi korban sengatan tawon Vespa yang diperkirakan bersarang berbulan-bulan,” ungkapnya, Senin (21/02/2022).

Untuk itu, warga segera menghubungi petugas pemedam kebakaran yang segera mengevakuasi sarang tawon raksasa tersebut.

Sementara itu, Branter Jati Mayan Salah satu petugas Damkar Kabupaten Mojokarto yang terlibat dalam proses evakuasi tawon Vespa mengaku, proses evakuasi sarang Vespa di area kebun milik warga dilakukan oleh tiga petugas.

Setidaknya, dalam proses evakuasi yang berjalan selama satu jam ini petugas harus memanjat pohon mangga sekitar tiga sampai empat meter dengan mengunakan alat pelindung diri dan semprot berisikan cairan bensin.

“Besarnya sarang tawon kisaran 50 cm, saya masukan kedalam karung saja sampai tidak muat,” bebernya.

Usai dilakukan evakuasi, sarang tawon Vespa yang disebut warga telah menyengat banyak korban ini langsung di bawa ke lokasi yang lebih aman kemudian dimusnahkan.

“Usai kita amankan, langsung kita bakar,” tandasnya.(fad/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :