Launching Cafe Teras Workshop, Tambah Deretan Destinasi Wisata Kuliner Kota Mojokerto

Wisata kuliner menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Kota Mojokerto. Menyadari potensi tersebut, Wali Kota Mojokerto serius menggarap sejumlah lokasi yang disiapkan sebagai pusat jujugan wisata kuliner Kota Mojokerto.

Salah satunya Cafe Teras Workshop yang baru diresmikan oleh Wali Kota Ika Puspitasari, Selasa petang (12/4/2022). Cafe tersebut dibangun dengan memanfaatkan halaman depan gedung Workshop IKM Alas kaki di jalan raya Surodiwan, Prajuritkulon.

“Tempat ini akan menjadi suatu jujugan kuliner, yang menambah deretan tempat-tempat representatif untuk berwisata kuliner di Kota Mojokerto”, ujar Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita itu.

Ia juga berharap keberadaan cafe yang berada di bawah binaan Diskopukmperindag itu dapat menjadi sumber rejeki bagi warga Kota Mojokerto, khususnya para alumni program inkubasi wirausaha.

Semakin banyak sentra kuliner yang dibangun tentu akan menambah peluang bagi para UMKM makanan dan minuman (mamin) dalam memasarkan produk mereka. Mengingat ratusan warga Kota Mojokerto telah berpartisipasi pada Inkubasi Wirausaha bidang mamin.

Dari program tersebut lantas terlahir puluhan kelompok UMKM yang tentu kemudian membutuhkan bantuan sarana untuk memasarkan produk mereka. Sehingga dengan dibukanya sentra kuliner baru, tentu akan menambah peluang bagi para UMKM tersebut.

“Kami memang telah berkomitmen tidak hanya memberi pelatihan di awal. Tapi kami telah menyiapkan skema “4P” yaitu pelatihan, pendampingan, permodalan usaha, dan pembentukan koperasi. Nah, ini sebagai salah satu bentuk pendampingan yang kami berikan”, tutur Ning Ita.

Selain Cafe Teras Workshop ini, sebelumnya Pemkot Mojokerto juga telah meresmikan sejumlah lokasi yang mendukung wisata kuliner di Kota Mojokerto. Diantaranya terdapat Rest Area Gunung Gedangan dan Cafe Dekranasda di Mal Pelayanan Publik (MPP) Gajah Mada. (Tim/ADV)