Sambut Mudik Lebaran, Polisi Mojokerto Simulasi Contra Flow Di Jalur Nasional.

Satlantas Polres Mojokerto menyiapkan sejumlah skema pengamanan lalu lintas untuk mencegah penumpukan kendaraan saat arus mudik Lebaran 2022. Diantaranya dengan menerapkan sistem satu arah atau one way dan contra flow di jalan Nasional.

Uji coba sistem contra flow itu dilakukan bersama dengan anggota Satlantas Polresta Mojokerto pada Selasa (19/04/2022) siang, tepatnya di simpang lima Kenanten yang merupakan perbatasan wilayah Kota dengan Kabupaten Mojokarto.

Ini, direncanakan menjadi solusi terakhir jika terjadi penumpukan kendaraan saat masuk mudik lebaran atau libur panjang pada 28 April hingga arus balik. Mengingat lebaran tahun 2022 Pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mudik.

“Secara situasional, sisitem contra flow ini akan kita lakukan untuk mengurai kepadatan lalulintas di Mojokerto, khususnya di jalur nasional, saat arus mudik maupun balik,” ungkap AKP Arpan Kasatlantas Polres Mojokerto, Selasa (19/04/2022).

Untuk itu, pihaknya bersama Satlantas Polresta Mojokerto dan Dishub melakukan simulasi contra flow di jalan Nasional yang melintas di Mojokerto. Mulai dari simpang tiga Jampirogo hingga Mertek atau dari arah Jombang dan Surabaya dan sebaliknya.

Selain contra flow, jalan-jalan arteri yang dilalui pemudik juga dijaga oleh petugas yang akan mengatur lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

“Di jalan arteri akan ada pengaturan lalin di beberapa titik rawan macet, termasuk kita juga akan melakukan sekema pengalihan arus,” ujarnya.

Dia menjelaskan, nantinya jumlah personel yang di kerahkan dalam melakukan pengamanan lalulintas kurang lebih berjumlah 130 personil. Yang nantinya akan disebar di 7 pos PAM dan dua pos yang yang ada di Mojokerto

Ia menegaskan petugas yang berjaga akan fokus pada pengamanan arus mudik dan tak akan memberhentikan pemudik.

Ia pun mengimbau warga agar mempersiapkan rencana mudik sematang mungkin, utamanya dengan mengikuti vaksinasi dosis lengkap.

“Tetap perhatikan keselamatan pada saat melaksanakan mudik. Siapkan diri, siapkan kendaraan, dan hati-hati,” tandasnya.(fad/sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :