Polisi Bakal Berlakukan Sistem Buka Tutup di Jalur Pacet – Cangar, ini Jamnya.

Dalam mengantisipasi kepadatan dan Kecelakaan Lalulintas di Jalur Cangar-Pacet Satlantas Polres Mojokerto bakal memberlakukan sistem buka tutup saat weekend.

Pasalnya, polisi memprediksi, bakal terjadi peningkatan volume kendaraan di jalur wisata tersebut pada tanggal 9, 10 Mei. Selain diprediksi bakal dipadati wisatawan, itu bertepatan pada masa arus balik Lebaran bagi pemudik dari wilayah Mojokerto maupun Kota Batu.

Kasatlantas Polres Mojokerto AKP Arpan mengatakan, dalam mengantisipasi kepadatan dan Kecelakaan Lalulintas di Jalur Cangar-Pacet pihaknya telah melakukan kordinasi dengan Polres Batu guna diberlakukan sistem buka tutup.

Rencananya, rekayasa lalu lintas itu bakal diberlakukan saat weekend di masa balik Lebaran 2022.

“Baik bagi pengguna jalan dari Mojokerto maupun Batu. Saat weekend, hari Jumat, Sabtu, Minggu, akan kami berlakukan sistem buka tutup ketika terjadi kepadatan volume kendaraan. Ketika volume kendaraan masih landai, kami lakukan penjagaan di beberapa spot,” ungkapnya, Rabu (04/05/2022).

Dalam teknisnya, sistem buka tutup jalur wisata Pacet-Batu atau Cangar akan dibagi menjadi dua tahap. Yakni mulai pukul 06.00 hingga 12.00 dan pukul 12.00 hingga 18.00. Satlantas Polres Mojokerto bakal mengalihkan sejumlah kendaraan yang hendak melintasi jalur Pacet Cangar menuju Batu ke arah Trawas.

Selanjutnya, pengguna jalan bakal diarahkan ke Trawas dan Pandaan untuk menuju ke arah Malang. Sehingga, di jam tertentu itu, Jalur Pacet-Cangar hanya dilintasi dari satu arah.

“Untuk pukul 06.00 hingga 12.00, (jalan) kami tutup bagi pengendara dari Mojokerto menuju batu. Untuk pukul 12.00 hingga 18.00, Satlantas Polres Batu yang akan melakukan pengalihan arus dari arah sebaliknya,” bebernya.

Untuk melakukan pengawasan dan pengamanan di salah satu jalur tengkorak itu, pihaknya menyiagakan 12 personel yang di-plotting di Pos Pam Taman Pacet. Bahkan, ketika terjadi kemacetan parah, anggota dari Polsek Pacet bakal dikerahkan untuk mem-back up petugas.

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :