Terdengar Ledakan, Pabrik Cat di Mojokerto Kembali Terbakar.

Pabrik cat PT Bima Maju di Jalan Jayanegara Desa Banjaragung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto kembali terbakar. Jumat (13/05/2022). Kebakaran pabrik ini merupakan kali kedua setelah sebelumya pada tahun 2021 juga pernah terbakar.

Peristiwa kebakaran terjadi pada Jum’at (13/05/2022) sekitar pukul 15.20 WIB saat puluhan karyawan tengah beraktifitas di gudang tempat produksi dan penyimpanan bahan kimia pada bagian belakang.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, sebelum api membakar tungku yang berisikan cairan kimia (tiner) sempat terdengar satunkali suara ledakan yang cukup keras.

Beruntung, api yang cepat membesar dan sulit untuk dipadamkan ini tak sampai merembet ke bangunan, setelah enam unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian.

Komandan komandan regu pemadam kebakaran Kota Mojokerto Suyitno mengatakan, proses pemadaman dilakukan dengan menerjunkan enam unit mobil kebakaran milik dari Kota/Kabupaten Mojokerto, dan mobil PMK swasta.

Dia berujar sempat mengalami kesulitan dalam proses pemadaman lantaran yang terbakar merupakan cairan kimia yang mudah terbakar. Meski disiram air api masih terus menyala.

“Api baru bisa pada setelah kita semprot air yang kita vampir dengan sabun ,” terangnya.

Berdasarkan pengakuan para karyawan, kebakaran tersebut berawal dari adanya percikan api yang muncul di sekitar tungku yang berisikan bahan kimia untuk pembuatan cat. Percikan tersbut kemudian mengenai cairan yang berada di dalam tungku yang baru diisi oleh para karyawan lalu membakar tungku tersbut.

“Pokoknya saat terjadi kebakaran ada karyawan yang tengah beraktivitas, kemudian saat berusaha dipadamkan dengan alat pemadam yang disediakan tidak kuat hingga akhirnya memangil PMK,” bebernya.

Usai berjibaku, satu jam kemudian api yang terus berkobar kemudian berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya saja mengakibatkan kerugaian matrial jutaan rupiah.(fad/Sam)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :