Meroket, Harga Cabai Rawit Di Mojokerto Tembus 100 ribu Per Kg

Sejumlah komoditas bahan pokok di Mojokerto kian hari kian meroket terlebih harga cabai rawit yang kini tembus angka 100 ribu per kg.

Seperti yang terjadi di pasar tradisional Pasar Tanjung Anyar, Kota Mojokerto saat ini harga komoditas bahan pokok, khusus komoditas cabai yang mengalami kenaikan cukup signifikan sejak seminggu yang lalu.

Satu kg cabai rawit yang sebelumnya berada di kisaran Rp 60 ribu mengalami lonjakan hingga kini menyentuh Rp 100 ribu per kg.

”Naiknya langsung banyak, saat ini sudah mencapai 100 ribu,” ungkap Ardian, salah satu pedagang.

Dia berujar, kenaikan yang signifikan ini disebut para pedagang bukan lagi sebagai kenaikan, melainkan pergantian harga.

Meski, seiring kenaikan harga cabai rawit dipasaran ini turut mempengaruhi daya beli konsumen. Sebagian besar pelanggan membeli cabai rawit secara eceran.

Bukan hanya cabai rawit, kenaikan juga terjadi pada komoditas bahan pokok jenis cabai merah yang mengalami lonjakan serupa yang kini mencapai Rp 80 ribu per kg.

Dia menjelaskan, kenaikan harga cabai diperkirakan peralihan musim yang berdampak pada minimnya produksi. Rendahnya pasokan cabai juga dipengaruhi masa panen yang sudah lewat.

”Jika biasanya cabai Probolinggo atau Dawarblandong sudah tidak pernah masuk, sekarang cabainya dari Pare (Kediri),” terangnya.

Sementara itu, kenaikan pada komoditas bahan pokok selain jenis cabai juga terjadi pada komoditas ayam potong. Sejak seminggu, daging ayam mengalami kenaikan secara beruntun. Saat ini, daging ayam tembus Rp 36 ribu per kg dari sebelumnya yang hanya Rp 34 ribu per kg.

Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas telur ayam ras. Di tingkat agen, satu kg telur sudah tembus Rp 28 ribu per kg atau Rp 270 ribu per peti (10 kg). Harga itu melonjak dari sebelumnya yang harga Rp 24,5 ribu per kg.

Sementara itu, data dari situs resmi Siskaperbapo Jawa Timur, harga cabai rawit di Pasar Tradisional Kota Mojokerto pada Jum’at (10/06/2022) saat ini dipatok dengan harga Rp92.500 ribu perkilogram.

Sementara di Kabupaten Mojokerto terpaut jauh. Harga cabai rawit di pasar Kabupaten Mojokerto tercatat dengan harga Rp78.000 per kg.

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :