Kota Mojokerto Segera Launching Call Center 112 Untuk Layanan Darurat

Call Center 112 Kota Mojokerto

Bulan Desember 2022 bertepatan dengan empat tahun kepemimpinan Ning Ita atau Ika Puspitasari sebagai walikota Mojokerto. Di moment in nanti akan ada banyak program pembangunan dan inovasi pemerintah yang akan diumumkan kepada masyarakat.

Salah satunya adalah rencana peluncuran Call Center 112 di Kota Mojokerto yang merupakan layanan panggilan darurat yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melporkan berbagai hal kepada pemerintah, khusus terkait kedaruratan. Seperti kecelakaan, kebakaran, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya.
Nah, Dalam rangka aktivasi program layanan Call Center 112 di Kota Mojokerto, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mojokerto menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait tugas pokok dan fungsi kedaruratan dengan Kementerian Kominfo RI.

FGD dilakukan di Command Center Pemerintah Kota Mojokerto pada Kamis (17/11/2022), dengan melibatkan seluruh stakeholder yang terlibat didalamnya, termasuk calon Call Taker 112, dan PT Jasnita sebagai penyedia aplikasi.

Usai meninjau kesiapan layanan Call Center 112 Kota Mojokerto, Sub Koordinator Renbang Infrasus Kementerian Kominfo RI, Agung Setio Utomo mengatakan akan segera melakukan koordinasi dengan semua penyelenggara telekomunikasi, dengan semua operator seluler yang ada di Kota Mojokerto untuk membuka nomor 112.

“Segera akan kami koordinasikan, biasanya teman-teman penyelenggara telekomunikasi itu paling lambat dua minggu. Maka jika Call Center 112 Kota Mojokerto akan di launching pada tanggal 10 Desember 2022, insyallah nomor 112 sudah bisa di gunakan di Kota Mojokerto,” terangnya.

Lebih lanjut Agung menjelaskan alur layanan 112, apabila masyarakat menelepon ke 112 maka akan langsung terhubung dengan 112 di Kota Mojokerto, yang kemudian dari operator akan menghubungkan ke tim penanganan yang terkait.

“Tadi sudah cek kelengkapan, dan secara umum kesiapan awal untuk layanan 112 Kota Mojokerto sudah lengkap, dan tinggal pembukaan akses, dan insyallah siap dilaunching,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Mojokerto berharap agar aktivasi Call Center 112 Kota Mojokerto dapat segera terealisasi mengingat direncanakan akan dilaunching pada tanggal 10 Desember 2022 bertepatan dengan empat tahun kepemimpinan Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari.

“Harapan kami setelah proses FGD ini, Kemkominfo bisa membantu untuk bisa segera melakukan pengaktifan aplikasi, simulasi, sampai dengan nantinya harapan kami pada tanggal sekitar 10 Desember 2022 ini bertepatan empat tahun kepemimpinan ibu wali kota bisa kita launching bersama,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Call Center 112 merupakan layanan nomor panggilan semua kejadian darurat sehingga masyarakat cukup mengingat satu nomor darurat, yaitu 112. Dibangunnya Pusat Panggilan Darurat (Call Center 112) merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam mempercepat panggilan dan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan. (tim/sma)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :