Membangun Mental yang Kuat

Oleh : Rizky Rahmad Suprapto

Ilsutrasi seorang wanita berhijab. Foto: Pixabay/vadiv666

PENDAHULUAN : Apakah anda ingin hidup dengan nyaman, tanpa tekanan dan stres? Saat kamu menyadari bahwa hidup itu keras dan sulit, kamu bisa berpikir kenapa kamu dilahirkan di dunia ini. Alih-alih terus meratapi dan meratapi nasib tanpa berusaha menguatkan diri untuk menghadapi hidup ini, mengeluh dan meratapi nasib adalah bentuk pelemahan dan pengecilan diri.

Ini bukanlah sikap orang yang bermaksud baik. Inilah sikap seorang pecundang yang tidak bisa mensyukuri hidupnya. Jelas dari keadaan masyarakat sekarang bahwa kesehatan mental untuk semua perseorangan tidak bisa digeneralisasikan.

Gangguan kesehatan mental berupa masalah yang berbeda dengan ciri-ciri yang berbeda. Tetapi, biasanya ditandai dengan kombinasi pikiran, perasaan, tingkah laku, dan hubungan yang tidak sewajarnya dengan orang lain. Misalnya skizofrenia, depresi, disabilitas intelektual, gangguan penyalahgunaan zat, gangguan bipolar. Gangguan perkembangan termasuk disfungsi seksual, demensia, disabilitas intelektual, dan autisme (WHO, 2017).

Keadaan ini membuat perdebatan kesehatan mental menjadi lebih mendesak dan mengarah pada cara-cara yang memungkinkan individu, keluarga dan masyarakat untuk menemukan, memelihara dan mengoptimalkan kesehatan mental dalam kehidupan sehari-hari (Dewi, 2012).

Hidup terlalu indah untuk disesali, dan ketika kita lemah kita kehilangan cara untuk membuat hidup bahagia dan menikmati keindahan dunia. Bahkan jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan Anda, Anda dilahirkan karena Anda selamat dari persaingan yang ketat. Dan kita tidak bisa berbuat apa-apa. Anda hanya bisa menghadapi semuanya. Memiliki keberanian menghadapi beban hidup, semangat Stahl merupakan modal besar untuk hidup bahagia di dunia.
Kesehatan mental yang baik memungkinkan orang mencapai potensinya, mengatasi tekanan kehidupan normal, bekerja secara produktif, dan berkontribusi pada komunitasnya (WHO, 2014).

Dengan mentalitas baja, Anda dapat memiliki karier yang sukses, pikiran yang sehat, dan interaksi sosial yang baik. Orang dengan penyakit mental sering menolak kesempatan besar yang tidak selalu datang bersama. Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa kesempatan yang sempurna tidak akan pernah datang lagi. Alih-alih berusaha sebaik mungkin memanfaatkan peluang emas untuk mengatasi tantangan tersebut, para penderita gangguan jiwa malah disibukkan dengan merendahkan diri dengan memuji kekurangannya. Untuk memanfaatkan peluang ini, Anda harus melakukannya dengan baik. Peluang emas bukanlah peluang tanpa hambatan dan tantangan. Semua aktivitas di dunia ini pasti mengandung resiko.
Menurut WHO, kesehatan mental merupakan keadaan sejahtera seseorang yang dapat mengenali kemampuannya, mengatasi tekanan hidup yang normal, bekerja secara produktif, serta memengaruhi masyarakat. (WHO, 2013).

PEMBAHASAN : Saya memiliki teman dan kenalan lama yang selalu membuat saya terkesan. Orang yang selalu bisa berkata, “Bersenang-senanglah”, tidak peduli betapa sulitnya situasinya. Antrean panjang di stasiun kereta api, kemacetan lalu lintas selama satu jam, dan dosen yang tiba-tiba membatalkan kuliah saat semua orang ada di sana tampak aneh pada awalnya. Hingga akhirnya saya mengamati dan menyadari bahwa orang-orang ini sebenarnya hidup tidak hanya untuk merangkul , tetapi sebenarnya untuk menikmatinya.

Menurut Manampiring, penulis The Core Book of Philosophy, Ia berpendapat bahwa kita sering menyiksa diri sendiri dengan pikiran dan pikiran kita. Bahwa ini lebih menyakitkan dari apa yang sebenarnya terjadi. Misalnya, saya harus memberikan presentasi di depan umum. Kemudian, katakan hal yang salah, tersandung kabel mikrofon, menuangkan air ke speaker lain, pingsan di atas panggung, tiba-tiba hujan meteorit turun saat Anda sedang berbicara, dll. Yang muncul jauh dari apa yang kita khawatirkan dan kita telah menghabiskan begitu banyak energi untuk menyiksa diri kita sendiri (Manampiring, 2019).

Kita mulai memikirkan hal-hal lebih cepat dari yang seharusnya. Misalnya, kita sudah tahu bahwa jika anak menjadi remaja dan diberi obat saat dalam kandungan, jika mereka menderita “sebelum waktunya”, mereka tidak dapat menderita “lebih” dari yang seharusnya. , menekankan bahwa itu adalah salah satu cara untuk memperkuat semangat .Tidak percaya pada diri sendiri adalah pikiran pertama yang melemahkan mentalitas Anda. Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda. Tidak mungkin Tuhan menciptakan Anda tanpa kekurangan dan kelebihan (Candraditya, 2017). Itu berarti Anda tidak percaya pada berkat yang diberikan Tuhan kepada Anda. Jadi siapa yang kamu percaya?
Kita cenderung menjadi sedih dan terpecah antara masa kini dan masa depan. Pertimbangkan apakah ada bukti yang jelas tentang masalah di masa mendatang. Seringkali kita tersiksa oleh kekhawatiran kita sendiri (Manampiring, 2021).

Lepaskan semua hal kecil yang membuatmu khawatir. Jika Anda terlalu peka terhadap hal-hal kecil yang mengganggu Anda, mulailah dengan sesuatu yang dikatakan seseorang tentang Anda atau tindakan kecil yang benar-benar merupakan gaya lelucon seorang teman. Belajarlah berani tentang hal-hal kecil yang dilemparkan seseorang kepada Anda (Candraditya, 2017).

KESIMPULAN : Hidup di dunia ini sangat sulit dan banyak rintangan. Setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang tenang dan bebas tekanan. Salah satu kunci dari kehidupan seperti itu adalah membangun pikiran yang kuat. Dengan mental yang kuat, Anda dapat dengan mudah mengatasi semua masalah dalam hidup. Tidak banyak orang yang kuat secara mental di dunia ini. Tetapi banyak orang ingin memiliki mental yang kuat. Mungkin argumen yang saya tulis akan membantu pembaca bereksperimen dan berlatih bagaimana membangun mental yang kuat.(*)

Oleh : Rizky Rahmad Suprapto
Mahasiswa Program Studi Teknik Industri
Universitas Muhammadiyah Malang
rizkyrmdofficial@gmail.com

Versi Terbaru, Ini APK Higgs Domino Island yang Tersedia Fitur Kirim, Terkoneksi ID dan Cip Versi Lama.. ini link APKnya

Baca juga :