600 Ribu Ton Lebih Cadangan Beras Pemerintah, Cukup untuk Puasa dan Lebaran

Stok cadangan beras pemerintah (CBP) ada lebih dari 600 ribu ton. Jumlah ini cukup hingga puasa dan lebaran. Hal itu dikatakan Direktur Utama Badan Urusan Logistik atau Dirut Bulog Budi Waseso. 

“Stok sekarang lebih dari 600 (ribu ton), untuk puasa lebaran sangat cukup,” kata Budi Waseso di Gedung Bulog, Jakarta, Jumat, 20 Januari 2023.

Budi Waseso atau biasa disapa Buwas pun menuturkan penyebab CBP disebutnya mencukupi kebutuhan beras nasional hingga lebaran.

“Ada data BPS (Badan Pusat Statistik), Menteri Pertanian, Maret sudah mulai awal panen layak. Saya sampaikan tadi target minimal 1 juta (ton) kita ambil dalam porsi banyak, kalau bisa 2 juta (ton) kenapa harus 1 juta (ton),” jelas Buwas, sapaannya.

Lebih lanjut Buwas mengatakan, bila CBP sejumlah 600 ton itu dihabiskan semua sekarang tidak apa-apa karena panen padi pada Maret – Juni diperkirakan menghasilkan jumlah yang besar.

“Jadi kita bisa serap 100 persen dari dalam negeri. Dengan jumlah yang banyak, jangan sampai nanti gagal panen,” tutur Buwas.

Dia pun menghimbau supaya semuanya berdoa agar tidak sampai terjadi gagal panen. Jika gagal panen, alam tidak bisa disalahkan. (nay/tim)

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :