Bermain dan. Belajar Mengenal Bahasa Inggris Sejak Dini, Mahasiswa KKNT Bela Negara Kelompok 7 Mengajar Anak TK Setia Budi di Desa Jatipasar

KKN Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur

Mahasiswa KKNT Bela Negara Dengan Siswa – Siswi TK Setia Budi

Mojokerto – Tim mahasiswa KKNT Bela Negara kelompok 7 Gelombang 02 UPN Veteran. Jawa Timur mengadakan kegiatan bermain dan belajar di Taman Kanak-Kanak (TK) Setia Budi di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu anak-anak taman kanak-kanak untuk lebih mengenal tentang dasar-dasar bahasa inggris, sehingga mereka akan bisa mengenal bahasa inggris sejak dini.

Kegiatan belajar dengan bermain bersama siswa – siswi TK ini dapat menarik motivasi untuk belajar bahasa inggris. Pemahaman yang disampaikan dikemas dengan berbagai permainan yang tidak membosankan agar siswa – siswi TK Setia Budi dapat merasa senang dan tidak mudah bosan dalam memahami materi bahasa inggris. Dalam pembelajaran ini Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Kelompok 7 Gelombang 02 berbagi tugas dengan dengan anggota tim dalam mengajar TK A dan B Setia Budi.

Antusiasme siswa-siswi TK sangat tinggi, terlihat dari seberapa senang mereka mengikuti kegiatan bermain dan belajar dikelas yang dilakukan oleh mahasiswa KKNT Bela Negara. kegiatan ini sendiri dilakukan saat siswa-siswi dari jam 08.00 pagi – 12.00 siang, karena merupakan waktu siswa-siswi untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dikelas.

Mahasiswa KKNT Bela Negara Dengan Siswa – Siswi TK Setia Budi

Dalam hal tersebut, mahasiswa KKNT Bela Negara kelompok 7 Gelombang 02 memberikan materi tentang bahasa inggris dasar, berupa abjad, angka, binatang, buah-buahan serta macam-macam warna. Hal tersebut dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan siswa – siswi dalam pemecahan masalah, dan keterampilan mendengarkan.

Kepala Sekolah TK Setia Budi di Desa Jatipasar menyebutkan bahwa beliau sangat terkesan dengan adanya mahasiswa KKNT Bela Negara Kelompok 7 Gelombang 02 dan memberikan pesan bagi mahasiswa KKNT yaitu untuk selalu semangat kedepannya melalui sesuatu yang harus kita raih itu karena masih banyak hal-hal yang tidak sesuai dengan kehendak kita. Selain itu, kepala sekolah juga memberikan pesan kepada siswa – siswi dengan kehadiran mahasiswa KKNT Bela Negara ini semoga dapat memotivasi bagi anak dan orang tua, agar mempunyai pemikiran bahwa pendidikan tidak hanya ditempuh sampai tamat SMA saja, melainkan dapat melanjutkan sampai bangku kuliah. Dan harapanya semoga ilmu yang diberikan oleh mahasiswa KKN bisa bermanfaat.

Adanya kegiatan mengajar ini mahasiswa KKNT juga dapat belajar melatih public speaking. Pengetahuan materi yang diajarkan dapat bermanfaat bagi siswa – siswi TK Setia Budi di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan. Mahasiswa KKNT UPN “Veteran” Jawa Timur juga dapat mengembangkan kesabaran dan semangat tinggi mereka serta menerapkan ilmu mengajar di TK Setia Budi.

Mahasiswa KKNT Bela Negara Kelompok 7 gelombang 02 juga berharap bahwasannya nanti siswa dan siswi dapat mengenal pelajaran dasar bahasa inggris, serta mereka juga menyebutkan agar siswa-siswi dapat mengulang kembali materi yang telah dipelajari tadi dengan didampingi oleh wali murid masing-masing.(tim)

#KKNT #BELANEGARA #MENGAJAR #JATIPASAR #UPNVJT

Author: Nurva Feri Rahma
Dokumentasi: Indah Puspita Tamano