Dispendik Mojokerto Paksa Semua SMP Terapkan UNBK

Hanya Dua SMPN yang Sudah Siap

ilustrasi pelaksanaan UNBK

Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto bakal menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada semua SMPN pada tahun 2018, meskipun saat ini baru ada dua sekolah yang siap karena memiliki sarana dan prasarana yang memadai, seperti lab computer, server dan jumlah Komputer untuk UNBK.

Sumarsono, Kabid Pendidikan Dasar Dispendik Kabupaten Mojokerto mengatakan, rencana penerapan UNBK SMP 100 persen ini dikhususkan pada sekolah SMP Negeri, sedangkan yang Swasta tidak diharuskan mandiri.

“Dari 37 SMPN yang ada di Kabupaten Mojokerto, hanya dua SMP yang sarprasnya memadai untuk menggelar UNBK secara Mandiri yaitu SMPN 1 Ngoro dan SMPN 1 Dlanggu, sekolah lainnya masih kita data kekurangannya apa saja.” Ungkapnya.

Baca Juga :  Warga Mojokerto, Jangan Harap Bantuan SPP

Sumarsono juga mengatakan, untuk lembaga swasta dalam pelaksanaan UNBK dispendik tidak memaksa untuk menggelar secara mandiri, mereka bisa memilih bergabung ke SMA/SMK atau kalau sudah siap menggelar secara mandiri dipersilahkan.

Mengenai kekurangan sasaran prasarana di SMPN khususnya kekurangan unit komputer, Dinas Pendidikan akan menggelontor bantuan komputer secara bertahap mulai tahun ini.(sma)