Ingin Dapat KUR, Petani Tebu di Mojokerto Bisa Ajukan Lewat Koperasi

Petani Bisa Dapat KUR dari BNI

Petani tebu di Mojokerto bisa segera mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank Negara Indonesia (BNI), ini merupakan kerjasama antara BNI, Koperasi dan PTPN.

Pembiayaan kepada petani tebu melalui KUR ini sudah berjalan, dan secara simbolis penyaluran KUR diberikan kepada 3 petani tebu binaan PTPN X yang disaksikan langsung Rini M Soemarno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat meninjau lokasi tebang dan tanam tebu milik petani binaan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X dan BNI di Desa Mojosarirejo, Gedeg, Mojokerto, Senin (14/05).

Catur Budi Harto, Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI mengatakan, BNI siap membiayai para petani tebu dengan skema KUR linkage, artinya koperasi mengajukan permohonan kredit ke BNI, lalu Koperasi meneruspinjamkan kredit kepada petani.

Baca Juga :  Ingin Dapat KUR, Petani Mojokerto Bisa Minta Kartu Tani di Bank

Kata Catur, petani juga bisa mengajukan KUR dengan skema one on one. Skema ini hampir sama seperti linkage namun perbedaannya petani harus mendapat rekomendasi dari pabrik gula. “Petani harus dapat rekom dari pabrik gula yang bisa mengajukan kredit ke BNI,” tambahnya

Kata Catur, hingga 11 Mei 2018, secara nasional BNI telah berhasil menyalurkan KUR sebesar Rp 6,85 triliun atau setara dengan 50,76% dari target KUR yang akan disalurkan BNI pada tahun 2018 sebesar Rp 13,5 triliun.(sma)