Relokasi PKL Benpas Mojokerto dipastikan Tetap di Benpas

Pemkot Penuhi Aspirasi PKL

Pemkot Mojokerto akhirnya memenuhi keinginan pedagang kaki lima (PKL) Benpas yang kiosnya terbakar untuk direlokasi sementara ke sebelah rel kereta api atau seberang jalan lokasi lama. Keputusan final ini diambil dalam rapat terpadu lintas instansi seperti Bappeko, BPPKA, Dishub, Satpol PP, Inspektorat, Bagian Hukum, dan lainnya di Kantor Disperindag Kota Mojokerto.

’’Akhirnya dipilih lokasi dipingir rel kereta api, seberang lokasi lama yang masih bersebelahan dengan sentra PKL Benpas. Jadi masih di area Benpas,’’ Kata Ruby Hartoyo, Kepala Disperindag Kota Mojokerto, Senin (09/10).

Ruby juga mengatakan, keputusan final ini dilakukan setelah ada pengkajian pada lahan yang luasnya 2500 meter persegi. “Daya tampungnya sekitat 194 PKL, tapi PKL Benpas yang terdampak hanya 148 yang aktif, 54 PKL tidak aktif, ini juga jadi pertimbangan.” Tambahnya.

Baca Juga :  Uih.. Lebarnya Jalan Wisata Air Panas Pacet Mojokerto

Saat ini, Pemkot sudah menyiapkan anggaran sebesar 500 juta untuk pembangunan tempat relokasi sementara, tapi penyerapannya masih menunggu fasilitasi P-APBD dari propinsi selesai, “Diperkirakan tanggal 25 Oktober dana mulai bisa diserap, dan proses pembangunan bisa mulai dikerjakan.” Ujarnya.

Seperti diketahui, Sentra PKL Benpas Mojokerto, bulan lalu ludes terbakar, diduga karena konsleting listrik dan akibat kebakaran ini kerugian ditaksir mencapai 2 miliar.(sma)