Minta Jadi PNS, 356 Perangkat Desa Mojokerto Demo

Aksi Tagih Janji Jokowi

Ratusan perangkat desa di Mojokerto yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) rame-rame ke Jakarta untuk menagih janji Presiden Jokowi terkait pencairan dana desa sebesar Rp 1,4 miliar. Mereka akan bergabung dalam aksi yang dilakukan perangkat desa dari seluruh Indonesia.

Rombongan perangkat desa ini berangkat ke Jakarta menggunakan enam bus, mereka berkumpul di PPST Trowulan, Senin 08:30 WIB (23/10). “Kita ke Jakarta akan menemui Presiden Jokowi untuk menuntut janjinya dulu, soal dana desa Rp 1,4 miliar dan mengangkat perangkat desa menjadi PNS secara bertahap.” Kata Joko Priyono, Ketua 1 PPDI Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga :  Bupati Mojokerto : Ada Unsur Pidana Langsung Proses Hukum

Joko juga mengatakan, ada ┬ásekitar 356 perangkat desa dari 10 kecamatan yang ikut berangkat ke Jakarta. “Sebelumnya para perangkat desa seluruh Indonesia sudah melakukan pertemuan musawarah nasional dan menyepakati beberapa tuntutan di antaranya, diantaranya meski tidak menjadi PNS minimal kesejahteraan para perangkat desa harus di perhatikan.” Terangnya.

Mereka juga menginginkan ada kejelasan status dalam regulasi, karena dalam UU no 6 tahun 2014, yang disebut perangkat desa hanya sekertaris desa, kasi dan Kasun.(fam/udi)