Banyak Bayi Prematur Lahir di Mojokerto, Kenapa..?

10 Bulan, 133 Bayi di Mojokerto Lahir Prematur

Jumlah bayi yang lahir prematur di Kabupaten Mojokerto cukup tinggi dan masuk kategori mengkhawatirkan, ini bisa dilihat dari data di RSUD Prof Dr Soekandar Mojosari dalam 10 bulan terakhir tercatat 133 bayi lahir prematur.

Anggono R. Arfianto Dokter Spesialis Anak RSUD Mojosari mengatakan, penyebab utama bayi lahir prematur dikarenakan kondisi kesehatan si ibu, sehingga ibu hamil harus periksa secara rutin.

“Kondisi ibu selama kehamilan menjadi faktor penyebab, apakah kurang nutrisi atau mengalami gangguan kesehatan, makanya ibu hamil harus lebih menjaga kesehatannya, karena ini penting untuk kesehatan janinnya.” Ungkapnya.

Baca Juga :  Pasar Mojosari Mojokerto Terbakar

Dokter Anggoro juga menjelaskan, bayi yang lahir prematur menjadi salah satu faktor penyumbang angka kematian bayi (AKB), “Bayi prematur ini lahir di bawah rentang usia ideal, jadi organ di dalam tubuhnya belum terbentuk secara sempurna,dan bayi prematur menjadi salah satu faktor tingginya angka kematian bayi (AKB).” Terangnya.

Bayi prematur adalah bayi yang lahir dibawah usia ideal atau dibawah usia 37 minggu, karena idealnya bayi lahir pada rentang usia antara 37-42 minggu, kalau lahirnya diatas 42 minggu disebut postmatur yang juga memiliki resiko masing-masing.(fam/udi)