Musim Hujan, Sampah di Kali Sadar Mojokerto Menggunung

Tradisi Buang Sampah di Sungai

Tradisi masyarakat Mojokerto buang sampah di sungai masih cukup tinggi, ini terlihat dari banyaknya tumpukan sampah di Kali Sadar di Dusun Wonoayu, Desa Kepuhanyar, Mojoanyar Mojokerto.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, tumpukan sampah ini tersangkut di jembatan yang menghubungkan Dusun Kepuhanyar dan Dusun Wonoayu sejak Sabtu, (25/11), sampah didominasi limbah masyarakat, sofa, batang pohon pisang, dahan.

Pardi (48) salah satu warga asal Desa Kepuhanyar mengatakan, sejak kemarin warga sekitar kerja bhakti dan berusaha mengurai sampah dengan alat seadanya, Warga khawatir banyaknya tumpukan sampah ini akan menyebabkan banjir.

Baca Juga :  Terlibat Asusila, Dosen STIT Raden Wijaya Mojokerto Didemo

“Warga khawatir tumpukan sampah ini menghambat aliran sungai, akibatnya sungai meluap dan merendam pemukiman saat debit air meningkat.” Terangnya.

Kata pardi, setiap kali musim hujan sungai Sadar selalu dipenuhi sampah limbah rumah tangga dari berbagai daerah dan sering terjadi banjir, “kami berharap warga tidak buang sampah disungai, karena umyang jadi korban adalah desa kami yang sering kebanjiran.” Pungkasnya.(fam/udi)