Putar Balik di Exit Tol Jomo Sempat Bikin Macet, Antrean Hingga 1 Km

info seputar mudik-balik lebaran

Antrean panjang arus mudik lebaran terlihat di exit tol Bandar Kedungmulyo, bagian dari tol Jombang – Mojokerto (Jomo), Rabu pagi hingga siang (13/06). Antrean mengular hingga sepanjang 1 km.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, panjangnya antrean di exit tol Bandar ini disebabkan karena pengguna tol Jomo tidak bisa langsung masuk ke tol fungsional Kertosono – Wilangan, namun harus keluar gerbang tol dulu untuk melakukan transaksi pembayaran setelah itu putar balik untuk masuk ke tol Kertosono – Wilayah yang masih dibuka gratis.

Achmad Rifan Tsamany, Deputi Kepala Departemen Manajemen Pendapatan Astra Infra Tol Jomo mengatakan, antrean panjang terjadi karena peningkatan volume kendaraan yang terjadi secara sporadis pada jam tertentu.

Kata Rifan, sejak pukul 06:30 hingga siang hari pengguna tol Jomo mencapai 3000 kendaraan pemudik. “Pemudik yang keluar di GT Bandar mencapai 3000 terhitung mulai pukul 06:30,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tarif Jalan Tol Jomo dan Sumo Segera Diturunkan, ini Skemanya

Senetara AKP Inggal Widya Perdana, Kasat Lantas Polres Jombang mengatakan, kemacetan di pintu keluar GT Bandar ini disebabkan adanya lonjakan volume kendaraan pada H-2 Lebaran ini. “Sebenarnya antrean di GT Bandar hanya pada jam-jam tertentu. Seperti hari ini pada jam 06.30-0730 dan jam 10.00-11.30, faktornya karena peningkatan volume kendaraan,” terangnya.

Kata Kasat Lantas, kalau nanti terjadi lagi, pihaknya sudah menyiapkan langkah antisipasi dengan cara mengatakan pengguna jalan tol Jomo (Jombang Mojokerto) untuk keluar di gate Tembelang. “Jadi mereka bisa memanfaatkan jalan arteri, setelah itu masuk ke GY Bandar untuk melanjutkan ke tol fungsional Kertosono-Wilangan,” tegasnya.

Sementara kondisi arus lalulintas tol fungsional Kertosono – Wilangan hingga tol operasional Wilangan -Ngawi, hingga Rabu sore (13/06) terpantau lancar. “Alhandulillah, masih aman terkendali,” kata Iwan Moedyarno, Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi-Kertosono- Kediri.(sma)