Awas..! Banyak Ikan Kali Brantas di Mojokerto Konsumsi Plastik Popok

Teliti Dua Ikan Favorit jenis Rengkik dan Keting

Slider

Di sepanjang kali Brantas yang melintasi beberapa wilayah di Jatim, termasuk Mojokerto ternyata banyak ditemukan berbagai jenis ikan yang banyak disukai masyarakat, seperti ikan Rengkik, Keting, Bader dan beberapa jenis ikan lainnya. Namun, disinyalir ikan-ikan itu banyak mengkonsumsi plastik popok yang membahayakan kesehatan.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, banyaknya ikan mengkonsumsi plastik popok bayi ini dikarenakan banyaknya sampah, khususnya popok bayi yang dibuang masyarakat ke sungai Brantas.

Prigi Arisandi, Direktur Ecoton mengatakan, awal Juli lalu pihaknya melakukan penelitian terhadap dua jenis ikan, yakni ikan Rengkik dan Kering yang diambil dari Sungai Brantas. Hasilnya, dalam lambung kedua ikan ini, ditemukan fibre dan serpihan plastik yang berasal dari sampah popok plastik.

Baca Juga :  Lagi, Warga Temukan Dua Ikan Arapaima Gigas Sepanjang 1,6 Meter di Mojokerto

”Kita bedah lambungnya, lalu kita amati mikroskopik dan makroskopisnya teryata Positif ikan Rengkik dan Keting mengonsumsi plastik popok,” terangnya, Kamis (26/7).

Prigi juga mengatakan, Ecoton pernah melakukan aksi bersih-bersih popok bayi di sepanjang kali Brantas. Dan hasilnya, memang ditemukan banyak popok bayi yang dibuang di sungai ini. Sementara perilaku makan ikan (feeding behavior) cenderung memakan sesuatu yang ada di perairan itu sendiri. ”Tak hanya bahaya bagi yang mengonsumi, tapi kelestarian ikan-ikan di sungai ini juga terancam,” tegasnya.

Selain jenis ikan Rengkik dan Keting, di sepanjang sungai Brantas juga banyak ditemukan jenis ikan lainnya. Diantaranya ikan Bader, Nila, Jendil dan Dukang atau ikan muara.(sma/udi)