Proyek Tahap II Dimulai, Pasar Kedungmaling Sooko Bakal Dipindah

Target Akhir Tahun Selesai

Pembangunan pasar Kedungmaling, Sooko, Mojokerto yang sempat terhenti lebih dari 6 bulan, saat ini mulai dilanjutkan. Seiring dengan selesainya lelang proyek tahap kedua senilai Rp 4,7 miliar yang dimenangkan PT insan Pesona dari Pati, Jawa Tengah yang juga pelaksana proyek tahap pertama senilai Rp 20,7 miliar.

Dari pantauan suaramojokerto.com, proyek tahap kedua ini dimulai akhir Juli lalu dengan pekerjaan pembangunan penambahan kios dan lapak di sebelah utara pasar. Saat ini, masih tahap pembangunan pondasi.

Bambang Purwanto, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupetan Mojokerto mengatakan, sesuai surat perintah kerja (SPK), pembangunan tahap kedua pasar Kedungmaling akan selesai akhir November 2018. Kata Bambang, proyek tahap kedua ini untuk melengkapi kekurangan kios di pembangunan tahap pertama.

“Proyek tahap pertama hanya mampu menampung sekitar 450-500 pedagang, jadi kekurangannya akan kita selesaikan di pembangunan tahap kedua ini, insya Allah akhir tahun ini semua tuntas,” ungkapnya.

Baca Juga :  Anomali cuaca, Harga Beras di Mojokerto Naik

Sementara mengenai relokasi pedagang dari pasar yang lama ke pasar yang baru, kata Bambang, saat ini masih belum bisa ditentukan. Namun diperkirakan akhir tahun ini akan mulai dipersiapkan.

“Setelah bangunan selesai total, kita akan memproses penempatannya. Setidaknya mulai akhir tahun sudah ada komunikasi dengan pedagang dan paling lambat awal tahun depan sudah bisa pindah ke pasar yang baru,” pungkasnya.

Sekedar informasi, pedagang pasar Kedungmaling, Kecamatan Sooko, saat ini masih menempati pasar lama yang kondisinya semrawut. Pemkab menyiapkan pasar baru yang dikonsep semi modern. Jarak pasar baru ini hanya sekitar 250 meter dengan pasar yang lama.(sma/udi)