Dinkes Kota Mojokerto Kampanye “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”

Peringatan HKN ke 54 tahun 2018

Sekdakot Mojokerto, Harlistyati menyerahkan hadiah didampingi Kadinkes,.Christiana Indah Wahyu
Slider

Momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 di Kota Mojokerto dimanfaatkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk kampanye gerakan masyarakat hidup sehat. Sesuai dengan tema HKN 2018 yakni “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.

Dari pantauan suaramojokerto.com, upacara peringatan HKN 2018 digelar di halaman Klinik Pratama DKT, Kamis (22/11) yang dipimpin Sekdakot Mojokerto, Harlistyati sebagai inspektur upacara dan membacakan amanat Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Faried Moeleok.

Harlis mengatakan, tema Hari Kesehatan Nasional “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita” ini sejalan dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak semua masyarakat dengan kesadaran dan kemauan untuk berperilaku sehat dan meningkatkan kualitas hidup.

“Saya menghimbau masyarakat agar membiasakan diri mengonsumsi beragam sayur dan buah nusantara. Makan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakkan dalam gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS),” kata Harlis mengutip amanat Menkes RI.

Baca Juga :  Hasil Seleksi Bidan di Mojokerto Dinilai Janggal, ini kata Kadinkes

Sementara Christiana Indah Wahyu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto mengatakan, untuk mensukseskan gerakan masyarakat hidup sehat, pihaknya akan terus mengkampanyekan program Germas Sabu Perak (Gerakan Masyarakat Makan Sayur dan Buah, Periksa Kesehatan dan Aktifitas fisik.

Kata Indah, gerakan ini untuk mendorong agar masyarakat membisakan diri berpola hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri. “Germas Sabu Perak ini juga untuk mencegah penyebaran penyakit tidak menular atau PTM,” ungkapnya.

Sementara serangkaian kegiatan HKN ke 54 di halaman klinik DKT ini juga diisi dengan berbagai kegiatan, seperti lomba dan kegiatan pengabdian masyarakat, bulan kegiatan gizi nasional serta berbagai lomba olah raga antar rumah sakit.(sma/udi)