Ngintip Aksi Gambuzer di Mojokerto, Hasilkan Kontestan Idol dan KDI

Mojokerto memiliki segudang pelaku seni yang sebenarnya memiliki potensi yang belum tergali. Setidaknya, ini yang terlibat dari semangat komunitas gambuzer yang memiliki sekitar 1600 seniman penyanyi.

Gambuzer adalah komunits Musisi Artis Penyanyi Mojokerto yang beranggotakan musisi, artis, dan penyanyi dari berbagai genre musik. Gambuzerjuga mengadakan sering menggelat kegiatan sosial.

Salah satunya adalah Rani Anisa (34), warga Dusun Wunut, Desa Sampangagung, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Rani adalah penyanyi sekaligus ibu rumah tangga.

Rani Anisa kerap menyanyi (tanggapan) di pests penikahan, bahkan hingga tampil di TV. “Pernah nyanyi sama Chintya Sari, di Pantai Kenjeran lama. Saya juga sempat bergabung dengan Grup Nada dan Dakwah di bawah naungan Ida Laila,
Yang terakhir pernah nyanyi bareng Elvi Sukaesih di Batu tahun 2018,”ungkapnya, Minggu (27/10/2019).

Sementara, Susilo (48), Koordinator kegiatan Gambuzer, mengatakan Gambuzer didirikan pada tahun 2014 oleh.Adi, salah satu MC Radio Gelora Surabaya (MC RGS). “Anggota kami terdiri dari SMP sampai dewasa usia 40 tahun ke atas. Untuk pertemuan rutin kami satu bulan sekali,” katanya kepada awak media.

Berita Terkait :  Sulap Ban Bekas Jadi Pot Unik, Warga Mojokerto Raup Jutaan Rupiah

Susilo juga mengatakan, Gambuzer juga menerima tawaran menyanyi. Mulai pesta pernikahan kampung hingga pentas di event-event besar. “Kami pernah mendapatkan kesempatan tampil di TVRI dalam acara Jatim Voice sama acara Campur Sari dan tampil di beberapa kota dan Kabupaten di Jawa Timur dan Jawa Tengah juga pernah,” tambahnya.

Sementara beberapa anggota Gambuzer saat ini sudah ada yang punya nama dan mengikuti kontes pencarian bakat, seperti Kontes Dangdut Indonesia (KDI) dan Indonesia Idol. “Ada juga artis ternama yang dulunya juga anggota dari Gambuzer. Seperti Jihan Audy sama Agung Juanda. Termasuk juga Riza, perempuan yang duduk di salah satu SMP di Bangsal,” pungkasnya.(sma/udi)

Baca juga :