Tahun 2019, SPP Siswa SMA/SMK di Mojokerto Bakal Digratiskan

Berlaku bagi sekolah Negeri dan Swasta

SPP Siswa SMA/SMK baik Negeri maupun Swasta di Mojokerto mulai tahun 2019 bakal digratiskan, karena semua biaya SPP ini akan ditanggung Pemda Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, iuran SPP yang selama ini ditanggung oleh para orang tua akan diambil alih oleh pemprov Jatim dan anggarannya sudah diploting dalam APBD 2019.

Mariyono, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto mengatakan, bantuan SPP ini untuk mendukung program pemprov dalam mewujudkan sekolah gratis bagi jenjang SMA/SMK. “Program ini untuk SMA/SMA Negeri dan Swasta, namun kita masih menungggu ploting rincian anggaranya,” ungkapnya.

Maryono juga mengatakan, pagu anggaran yang akan didapat setiap daerah beragam, namun besaran SPP yang ditanggung pemrov mengacu pada Surat Edaran (SE) Gubernur nomor 120/101/2017 tentang SPP SMA dan SMK. “Besaran bantuan tetap berpedoman pada SE Gubernur,” paparnya.

Baca Juga :  SMA/SMK di Mojokerto Banjir Bantuan, Seragam dan SPP Digratiskan

Seperti diketahui, dalam Surat Edaran Gubernur tentang SPP SMA dan SMK di Kabupaten Mojokerto sudah ditentukan, SPP SMAN sebesar Rp 85 ribu, SMKN nonteknik Rp 120 ribu dan SMKN teknik Rp 150 ribu per bulan.

Sementara SPP SMAN di wilayah Kota Mojokerto Rp 95 ribu, SMKN nonteknik Rp 135 ribu, SMKN teknik Rp 170 ribu per bulan. Sementara total jumlah SMA/SMK di Mojokerto sebanyak 108 lembaga, dengan rincian 24 sekolah Negeri dan 84 sekola swasta.(sma/udi)